Macam Macam Sistem Operasi Selain Windows


Macam-macam sistem operasi

1.      Mac  Os
Mac OS adalah singkatan dari kata Macintosh Operating System. Mac OS diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. dengan desain yang elegan tapi mudah digunakan oleh sang pengguna. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill Atkinson, Jef Raskin dan Andy Hertzfeld. Kata Macintosh diambil dari nama apel kesukaan Jef raskin ,McIntosh. Diperkenalkan pada tahun 1984, dan menjadi salah satu raksasa penguasa Operating System sekarang. Sejak tahun 2006, MAC OS telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur Power PC.


Gambar 1.1 Mac OS
2.       DOS

Inilah nenek moyang dan awal sistem operasi yang ada di perusahaan Microsoft. DOS atau kepanjangan dari Disk Operating System merupakan awal sistem operasi yang digunakan komputer IBM.
Sistem operasi ini masih belum berbasis antar muka sehingga perintahnya harus menggunakan tulisan atau biasa kita kenal dengan Command Prompt. Sama seperti komputer versi terdahulu, tampilan dari MS-DOS ini masih hitam putih, tidak ada gambar dan hanya berupa tulisan saja.Microsoft terus mengembangkan MS-DOS hingga 8 kali versi. Kemudian pada tahun 2000, pengembangan pada sistem operasi ini dihentikan.


Gambar 1.2 MS Dos
3.      Linux
Sistem operasi Linux merupakan sistem operasi open source yang populer di kalangan masyarakat dunia dengan tingkat kepopuleran di bawah Windows dan Mac OS. Karena bersifat open source pengguna bebas mengembangkan sistem operasinya sendiri.Meskipun begitu Linux tetap sukses berjaya bersanding dengan sistem lainnya karena OS ini tidak bergantung pada vendor serta biaya operasional yang dikeluarkan rendah. pada awal perilisannya sudah berbasis grafis antar muka serta bisa berbasis teks.
                                   
                                                   Gambar 1.3 Linux graphic
4.      Unix
Unix merupakan sistem operasi pertama yang pernah dibuat. Unix adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan AT&T, General Electric, dan MIT di tahun 1965 untuk DARPA. Unix juga merupakan sistem operasi baku yang bisa digunakan di segala komputer termasuk juga komputer mini. Unix sendiri merupakan jenis dari sistem operasi jaringan karena bisa digunakan sebagai server ataupun workstation.Sekarang sudah jarang orang memakai Unix karena kalah pamor dengan 3 Sistem Operasi terkenal seperti Windows, Mac OS dan Linux.

Gambar 1.4 Unix OS

5.      Sistem Operasi Google Chrome
Chrome OS adalah Sistem Operasi besutan Google yang ringan dan berbasis Linux dan standard web untuk personal computer PC. Google Chrome bekerja dengan metode Windowing atau switching (Multi-Tasking). Google Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan software di browser yang berbasis Sistem Operasi. Jika dilihat-lihat, Chrome OS ini merupakan gabungan dari Linux dan Windows Vista. Chrome OS dirilis pada pertengahan 2010.OS ini adalah sistem operasi open source buatan ekslusif perusahaan Google dengan tujuan bisa bekerja dengan aplikasi web. Google Chrome diluncurkan pada tahun 2009 versi beta kemudian setahun setelahnya diluncurkan versi lengkapnya.Google Chrome sendiri menggunakan Linux sebagai basis pengembangannya dan hanya bisa berjalan pada hardware yang dirancang khusus. Chrome OS hanya memiliki aplikasi bawaan seperti browser, manajer file dan pemutar media.


Gambaar 1.5 Chrome


Comments

Popular posts from this blog

Jumper Pada Komputer

Mencoba Menyalakan dan Mengukur Tegangan Power Supply